#opini : Komersialisasi Frequensi Publik, Boleh?

Baru beberapa minggu yang lalu gua diingetin lagi kalo sebenernya semua frekuensi di udara Indonesia adalah milik publik, yang kemudian dikuasai oleh negara. Dikuasai disini diartikan untuk perizinan dan segala macemnya. Pada dasarnya, semua yang dimiliki publik harus menjadi kepentingan publik dalam pemenuhan kebutuhannya. Ketika publik menginginkan hal yang baik, maka semua yang dimiliki publik, termasuk frequensi harus memberikan otput yang baik untuk publik.

Semua yang milik publik, harus memberi output yang diinginkan oleh publik.

Hal ini gua dapet setelah mendengar ceramah dosen yang merupakan kritikus media, khususnya media massa. Media di Indonesia sekarang sering menyalahgunakan izin frequensi yang telah diberikan. Program-program acara seringkali menayangkan hal yang gak begitu diinginkan masyarakat. Dalam perkuliahannya, beliau menyampaikan contoh, seperti penayangan lagu partai tertentu, acara televisi yang porsi sponsornya lebih besar daripada konten program itu sendiri. Menurut gua juga, mungkin bisa jadi sebuah acara dengan konten budaya asing pun bisa menghilangkan budaya Indonesia sendiri.

Hal-hal yang kaya gitu yang ditakutin, komersialisasi frequensi publik kalo gua bilangnya. Terkadang, cita-cita Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa diterabas gitu aja dengan perizinan siaran program-program yang kurang mendidik. Oiya, pernah denger juga kalo KPI sebenernya kurang bisa bertindak terlalu berlebih. Paling-paling ya surat teguran untuk saluran-saluran yang dianggap melanggar. Tapi gua juga kurang ngeh sih sama peraturan entah etik pers ataupun dari KPI nya sendiri.

Tapi mau gimana lagi, kalo memang frequensi publik dilarang secara strict untuk penggunaan bisnis. Gimana media mau hidup kalo tanpa iklan komersil? Tapi ya jangan nayangin kepentingan pribadi, apalagi lagu mars partai juga, hehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s